Home / analysis / Analisis performa dan value yamaha MT-15

Analisis performa dan value yamaha MT-15

selamat malam pemirsa slam sejahtera. kali JA akan ikut membahas tentang calon motor baru yang belum hadir di tanah air tapi sudah hadir di negeri tetangga…ya JAyakin para pembaca sudah pada tau motor apa yang akan ane bahas. yamaha new MT-15 (nama belum fix) atau yg sudah gamblang waktu launcing di thailand dengan nama MT SLAZ.

Analisis performa dan value yamaha MT-15
penampakan udah cetheo welo welo

dengan rilisnya mt 15 di thailand sebenarnya yamaha kembali melakukan apa disebut dengan irony mengingap hal yang sama terjadi sebelumnya pada yamaha R15. Dibuat di indonesia tapi rilis duluan di negeri tetangga, karena momentnya pas sama pameran otomorif di thailand jadi mungkin sekalian biar masyarkat bisa gamplang dan harapanya supaya masyarkat mw ngenteni. okay skip sampe sini sekarang langsung ke pokok pembicaraan yaitu mengenai performa dan value dari MT15.

sudah banyak blogger yang memberikan foto penampakan dan juga foto dari spec mt slaz waktu rilis di thailand. yang pada intinya spec sama persis dengan punya R15… SOHC 4klep radiator 6 speed alias podo wae. jadi yang pupus sudah harapan FBY yang pengin motor 150cc DOHC. ada hal yang aneh pada foto spec yang di display yaitu power dan torsi absen dari spec yg di tampilkan. tanya kenapa? tanya sono langsung sama yamaha hihihi..

Analisis performa dan value yamaha MT-15
spec display

yang jelas bukan karena belum di dyno lo ya. kemungkinan besar karena nama yang akan di usung oleh motor itu sendiri yaitu Master of Torque. kan gak mungkin power dan torsi di set sama dengan punya R15. klo power dan torsinya sama mungkin namanya jadi yamaha R 15 S/R 15 N. yang jelas torsi harus lebih besar dari r15 dan itu meneurut JA wajib hukumnya. lalu apa aja yang di kira2 di ubah disini. menurut ramalan JA yang akan di otak atik tidak lain dan tidak bukan adalah ecu. karena ngotak atik otak motor lebih gampang dari pada pada otak atik hal penentu performa lain. karena costnya lebih bisa di tekan. daripada nyetak noken/cam baru yang mesti bubut atau welding kan lebih gampang ngotak atik ecu…tinggal colok laptop trus masukin data baru lebih gampang. namun hal yang paling repot nantinya adalah pengaplikasian gear rasio R15.

Analisis performa dan value yamaha MT-15
data rasio nvl dan R15

sperti yang bisa kita liat rasio gerbox r15 tipis2 dan ane harus katakan klo gear 6 nya overdrive. dari data gear rasio di atas menurut JA akan sulit untuk mainan jumlah mata gear dengan meringankan perbandingan gear depan dan belakang untuk menukar torsi dengan power (power di turunkan torsi dinaikan) jika hal ini dilakukan makan nanti motornya bakal sering2 shifting gear. namun pabrikan sekelas YIMM gak mungkin melakukan hal itu. dan cara yang paling gampang ya jelas mainan ecu. karena efek ecu pada motor injeksi itu luar biasa. ganti ecu standar ke ecu racing sangat kentara bedanya. karena di ecu hampir semuanya di atur dari AFR, limiter, timing dan jumlah bahan bakar yang di semprotkan pada rpm tententu (Throtle Positioning).

karena udah longpost spertinya JA mesti lanjut ke bagian 2 yaitu value di next article ya pemirsah:peace

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

About clancis

saya hanya seorang manusia biasa yang cinta pada hoby berkendara menyongsong semanggat brotherhood dan berbagi ilmu tentang semua yang pernah di alami maupun yang saya kuasai

Check Also

Menerawang ganasnya potensi NEW HONDA CBR250RR

Selamat siang pemirsah salam sehat selalu..udah lama nih warung mati suri😞 bukan karena gak ada ...

6 comments

  1. Review vs ncb dong

  2. DOHC vs SOHC cuma diributi Fans Boy, kalau konsumen biasa kayak saya yang penting tampang keren sama material bagus hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *